You are here

Memotret Realita Prodi dengan Visitasi

Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta kembali menerima asesmen lapangan/visitasi dari BAN-PT. Kesempatan kali ini yang mendapatkan giliran eksekusi adalah program studi S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (PTK).

Prof. Dr. Soesanto, M.Pd. dari Unes Semarang dan Prof. Dr. Mansyur, M.Si. menjadi utusan BAN-PT untuk melihat secara langsung kondisi prodi PTK secara lebih dekat. Datang pada hari Kamis, 12 Mei 2016, beliau langsung disambut jajaran pimpinan UNY di ruang sidang RKU. Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. mengucapkan selamat datang di kampus UNY. Dengan didampingi WR II, WR IV, Direktur PPs, Asdir I, Asdir II, Kaprodi, dan Sekprodi PTK, Penjaminan Mutu PPs, Biro AKI, dan beberapa dosen prodi, beliau memaparkan kondisi UNY secara umum dari tahun ke tahun.

“Kami merasa Bapak berdua sudah tidak asing lagi dengan UNY karena merupakan bagian dari keluarga kami. Terlebih Prof. Mansyur yang berhasil menamatkan pendidikan tertingginya di PPs UNY, tentunya paham betul dengan kondisi almamaternya. Oleh karena itu, semoga kehadiran Bapak bedua bisa memberikan masukan demi peningkatan kualitas prodi PTK yang berusaha mempertahankan predikat akreditasi yang sudah beberapa periode terakreditasi A, “ harapnya.

Selanjutnya atas nama BAN-PT, Prof. Dr. Mansyur merasa sangat terhormat karena sudah dijamu dan diberikan sambutan yang sangat istimewa. “Terima kasih atas sambutan yang luar biasa ini. Pada dasarnya kami datang ke sini untuk “memotret” realita di lapangan. Mengklarifikasi dan membandingkan antara yang tertulis dalam borang dengan kenyataan di lapangan, “ungkap alumni S3 PEP PPs UNY ini.

“Kami merasa bahwa pengelola sudah menuangkan yang terbaik dalam borang. Namun, barangkali masih terdapat hal-hal/aktivitas terkini yang belum tertulis di sana. Oleh karena itu, mohon kerjasamanya untuk mencermati poin-poin penting dalam asesmen ini, “tambahnya.

Sehabis penyambutan di jajaran pimpinan UNY, schedule dilanjutkan dengan penilaian borang prodi yang diawali dengan paparan prodi secara umum oleh kaprodi S2 PTK, Prof. Soenarto, Ph.D. didampingi sekprodi, Dr. Putu Sudira, M.P. Hadir dalam sesi ini beberapa dosen, mahasiswa dan alumni .

Pencermatan borang institusi/pascasarjana yang dilakukan oleh Prof. Dr. Mansyur langsung ditanggapi oleh pimpinan PPs UNY yang terdiri atas Prod. Dr. Zuhdan K. Prasetyo, M.Ed., Prof. Pardjono, Ph.D., Prof. Dr. Muhyadi, dan tim penjaminan mutu Dr. Dimyati dan Dr. Teguh Setiawan.

Di tempat yang lain Prof. Dr. Soesanto juga menyempatkan diri berdiskusi dan mewawancarai para alumni dari berbagai angkatan, salah satunya merupakan mahasiswa dari Madagaskar, Falestin. Secara umum proses field assessment selama dua hari, Kamis – Jumat, 12 – 13 Mei 2016 ini berjalan lancar. Harapannya dengan tanpa banyak masukan dan revisi ini, predikat unggul prodi S2 PTK dapat dipertahankan hingga lima tahun mendatang. (Rubiman)

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039) dan Endah (08156895978)