PT DIRGANTARA INDONESIA AJAK KERJASAMA UNY DEMI ANAK BANGSA

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (PTK) konsentrasi Mesin & Otomotif yang terdiri dari 21 orang angkatan 2014 melakukan kunjungan studi laboratorium di PT Dirgantara Indonesia. Studi Laboratorium berlangsung tanggal 21 September 2015 mulai pukul 09.00—11.00 diterima sangat baik oleh staf humas PT DI oleh Pratama dan pimpinan Teknik Produksi PT DI Moyn Marbun. Dimulai dari pemaparan video profil PT DI sejarah berdiri hingga kemajuan sampai sekarang selama 7 menit di Gedung Pusat Manajemen tepatnya di OPS Room.

Perwakilan Pasca Sarjana UNY dalam sambutannya, Dr. Nuchron menyampaikan, “Pertama, rasa terima kasih telah menerima dengan baik, kedua menawarkan untuk kerjasama untuk dunia kerja, ketiga meminta penjelasan mengenai isi di PT DI berhubungan dengan mesin dan otomotif.”

Keterkaitan pendidikan vokasi dengan industri dibidang pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM), keterbaruan teknologi dan moral/sikap tenaga kerja. SDM yang dimaksud adalah lulusan dari perguruan tinggi khususnya Pasca UNY diharapkan mampu me-training tenaga kerja baru di level SLTA. Keterbaruan teknologi, PT DI mempunyai visi yang besar ditahun 2016 untuk memperkokoh negara yang disegani ditingkat Dunia. Tentu peningkatan mutu dan jumlah persenjataan baik transportasi harus punya daya jual yang kompetitif dan berkualitas. Untuk moral dalam penyampaiannya, ”Rasa memiliki kebangsaan cinta negeri masayarakat kita akan nasib anak bangsa kedepan mengalami penurunan, hal ini bersamaan masuknya teknologi informasi termasuk HP, dll membuat generasi penerus mengalami turunya: (1) rasa peduli sosial, dan (2) sopan santun dalam etika” ujar Moyn Marbun. Beliau berpesan tugas calon pendidik bersama-sama mendampingi perserta didik untuk menjadi pribadi yang berkualitas dengan memiliki rasa kepedulian untuk bangsa ini.

Sesi diskusi mendapatkan informasi dan harapan-harapan kedepan antar UNY dan PT DI di antaranya: (1) PT DI satu-satunya industri di Asia Tengga dan menduduki peringkat 20 besar tingkat dunia tahun 2016 ada kerjasama ketahan untuk membuat pesawat tempur dengan Korsel, (2) membuka peluang tenaga kerja gelombang III bulan oktober baik dari SLTA s.d. Magister dengan online dan bersaing ketat, (3) konsep pengembangan pesawat terbang mulai dari penawaran, plan, produksi, quality control product, dan penjualan.

Terakhir mahasiswa dan dosen PPs UNY didampingi oleh pegawai PT DI, diajak langsung untuk mengunjungi, dijelaskan tahapan-tahapan dan mengamati proses pembuatan mulai dari awal hingga akhir dalam proses pembuatan pesawat terbang.