You are here

WORKSHOP PENULISAN DAN PUBLIKASI JURNAL PENDIDIKAN VOKASI

Jurnal Pendidikan Vokasi UNY telah mendapatkan akreditasi dengan nilai B dan berlaku selama lima tahun ke depan. Guna mempertahankan dan meningkatkan nilai akreditasi setelah lima tahun berlakunya nilai akreditasi tersebut, maka Prodi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan mengadakan kegiatan workshop dan sosialisasi pada Kamis, 29 September 2016 di Aula Gedung Baru Program Pascasarjana dari jam 08.00-09.00 WIB. Kegiatan dipimpin oleh Dr. Putu Sudira, M.P. dan Rohmat Purwoko, S.Kom. dan dihadiri oleh mahasiswa S2 Prodi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan angkatan 2015.

Isi dari kegiatan tersebut adalah terkait dengan aturan penulisan dan publikasi artikel ke dalam Jurnal Pendidikan Vokasi. Beberapa tema utama dalam menulis artikel Jurnal Pendidikan Vokasi adalah filosofi, kurikulum, pembelajaran, evaluasi, manajemen, dan kebijakan yang berhubungan dengan Pendidikan Vokasional. Penulisan artikel tidak hanya sekedar sebagai syarat dalam menyelesaikan pendidikan Program Pascasarjana, tetapi lebih dari itu sebagai wadah penyaluran penelitian dalam bentuk tulisan. Selain itu artikel yang telah ditulis tersebut akan diperlukan ketika seorang guru atau dosen akan melakukan promosi jabatan.

Pada kegiatan tersebut juga ditunjukkan bagaimana cara mengutip dan menyusun daftar pustaka secara cepat menggunakan menu references pada Microsoft Word. Format yang digunakan dalam menulis artikel adalah American Psychological Association (APA) edisi kelima. Aturan dan format penulisan artikel dapat dilihat di situs Jurnal Pendidikan Vokasi, http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/index. Jurnal Pendidikan Vokasi UNY telah memiliki sitasi Google Scholar dengan pencapaian h-index level 8, jika dikonversi ke gelar akademis maka setara dengan level Doktor. Pencapaian tersebut dapat ditingkatkan dengan meningkatkan frekuensi dalam mengunjungi dan mengunduh artikel di situs Jurnal Pendidikan Vokasi.

Mengingat Jurnal Pendidikan Vokasi telah terakreditasi maka peraturan dan kualifikasi dalam mempublikasi artikel akan semakin ketat. Dr. Putu Sudira, M.P. memberikan pesan kepada peserta mahasiswa yang hadir untuk terus berkarya dalam menulis jurnal dan menjadi agen jurnal. Karena senjata dari seorang mahasiswa dan akademisi adalah karya penelitian yang ditulis sebagai artikel dan dipublikasi dalam jurnal. (Purwanto)

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039) dan Endah (08156895978)