Kompetensi Lulusan

Lulusan Magister  PTK PPs UNY dapat mengembangkan profesi sebagai: Dosen, Guru, Instruktur, Pengembang, Pengelola Pendidikan Teknologi Kejuruan. Kompetensi inti lulusan Magister PTK adalah: 

  1. Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi di bidang PTK melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji;
  2. Mampu memecahkan permasalahan di dalam bidang PTK melalui pendekatan inter dan multidisipliner;
  3. Mampu mengelola riset dan pengembangan bidang PTK yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan PTK, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional;
  4. Mampu mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan pengembangan dalam jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional.

Kompetensi pendukung lulusan Magister  PTK  adalah :

  1. Menguasai landasan filosofi, teori, metodologi penelitian, dan evaluasi PTK;
  2. Mampu melakukan analisis masalah melalui beberapa pendekatan sistem, ekonomi, sosial, budaya, hukum, politik; (3) mampu merintis, mengembangkan, mengelola jejaring kerja sama PV;
  3. Mampu mengelola penerbitan ilmiah nasional.

 

Lulusan Doktor  Pendidikan Teknologi dan Kejuruan dapat mengembangkan profesi sebagai: DOSEN, GURU, INSTRUKTUR,  PENGEMBANG, PENGELOLA PENDIDIKAN TEKNOLOGI KEJURUAN.

Kompetensi Lulusan Doktor  PTK adalah:

  1. Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi baru di bidang Pendidikan Teknologi Kejuruan (PTK)  melalui riset, hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji. 
  2. Mampu memecahkan permasalahan di dalam bidang PTK melalui pendekatan inter, multi, trandisipliner.
  3. Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dan pengembangan PTK yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.
  4. Mampu mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan pengembangan dalam jurnal nasional terakreditasi dan  internasional terakreditasi.

Kompetensi Pendukung Lulusan Doktor  PTK adalah:

  1. Menguasai  landasan filosofi, teori, metodologi penelitian, dan evaluasi PTK
  2. Mampu melakukan analisis masalah melalui beberapa pendekatan sistem, ekonomi, sosial,  budaya, hukum, politik.
  3. Mampu merintis, mengembangkan, mengelola jejaring kerjasama  PTK.
  4. Mampu mengelola penerbitan ilmiah nasional dan internasional.